Rabu, 15 Januari 2014

Beli Coklat Grosir? Jangan Simpan di Lemari Es!

grosir coklat
"Kesel! kesel!! kesel!!! Habis beli coklat silverqueen 1kg di grosir coklat aq taro kulkas malah rusak. Padahal itu coklat buat hadiah :'( "

Bahan makanan bisa mengalami kerusakan karena mikroba, kapang, jamur, bahan kimia, dan suhu penyimpanan yang tidak tepat. Perbedaan karakteristik bahan makanan membedakan pula suhu ruangan yang tepat untuk penyimpanan. Ada makanan yang harus disimpan dalam suhu rendah, misalnya di dalam freezer (-10° C) atau di kulkas (± 4° C). Ada pula yang justru awet bila berada di ruangan yang sejuk (15°- 20° C) atau suhu ruang (25°-28° C).

Dimana sebaiknya coklat grosir disimpan?
Cokelat cukup disimpan di suhu ruang. Hindari ruang peyimpanan dari paparan cahaya langsung sebab cokelat akan mudah meleleh. Bila masih ada sisa setelah digunakan, bungkus rapat dengan plastik kedap udara atau lebih aman dengan memasukannya ke dalam toples kue. Cokelat bisa bertahan hingga 18 bulan. Baca postingan kami tentang Cara Penyimpanan Coklat yang Benar.

Apakah boleh simpan coklat kiloan di kulkas?
Jangan simpan coklat silverqueen, l'agie, beryl's atau apapun merknya di dalam kulkas karena akan timbul bercak putih di permukaan cokelat yang disebabkan oleh terpisahnya lemak cokelat. Uap air yang ditimbulkan oleh pendingin kulkas juga akan membuat coklat berair dan mudah rusak sehingga cita rasanya berkurang.

Nah...jangan lagi ya simpan cokelat kiloan di kulkas Sis / Moms /Bunds. Kecuali klo memang siap dengan konsekuensinya (bentuk ga cantik lagi) atau memang sengaja mau disajikan diingin plus dengan tekstur lebih keras.